Sunday, April 12, 2020

Tenses untuk Kelas II

Tenses untuk Kelas II 


Pemahaman dan fungsi-fungsi tenses secara detail akan disajikan dalam bentuk berikut ini.

A.    Simple Present
Kalimat verbal

S + V-1 s/es + complement

Fungsi tenses ini adalah sebagai berikut:
1        Habiatual action (kejadian yang sudah biasa dilakukan)
Ex: Mary always listens to the music carefully
      Angel is an official
2        General truth (kebenaran umum)
The sun rises in the east and sets in the west
3        Pengganti present continuous untuk verb yang tidak bisa dibentuk V-Ing seperti: agree, believe, consider, expect, like, know, prefer, remember, wish, want, etc.
I remember you now, bukan, I’m remembering now   
4        Untuk menjelaskan kejadian yang akan terjadi di masa mendatang dengan syarat disertakan time signal future.
Ex: the plane leaves tomorrow afternonn.

       Penambahan s/es dalam verb
a.      Kata yang berakhiran ss, sh, ch, x, dan o ditambah –es dan selainnya ditambah –s saja. Ex: kiss (kisses), box (boxes), watch (watches), go (goes) etc.
b.      Kata kerja yang berakhiran “Y” yang sebelumnya huruf konsonan (huruf mati), maka “Y” diganti “I” lalu ditambah “es”. Ex. Carry (carries), hurry (hurries) etc.
c.       Kata kerja yang berakhiran “Y” yang sebelumnya huruf vocal (huruf hidup), maka tinggal menabah “S”. ex. Play (plays), stay (stays), say (says), etc.

B.    Present Continuous
Kalimat verbal

S + to be (am, is, are)  + V-Ing

Fungsi tenses ini adalah sebagai berikut:
1        Menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung sekarang
Ex. I’m talking to her now 
2        menjelaskan kejadian yang sudah direncanakan untuk dilakukan di masa mendatang
Ex. The train is leaving tomorrow
     
       Penambahan –Ing dalam verb
a.      Verb yang berakhiran single “E”, maka “E” tersebut dibuang lalu diganti –Ing. Ex. Love (loving), hate (hating), come (coming), etc.
b.      Verb berakhiran dengan “ee” langsung ditambah –Ing. Ex. Agree (agreeing), see (seeing), etc.
c.       Verb satu suku kata yang berakhiran dengan single konsonan, maka huruf konsonan tersebut didouble-kan lalu ditambah –Ing. Ex. Hit (hitting), stop (stopping), log (logging), run (running), etc.
d.     Verb lebih dari satu suku kata, akhir suku kata hanya ada satu vocal dan berakhiran satu konsonan, maka konsonan di-double-kan. Ex. Admit (admitting), prefer (preferring), begin (beginning), etc.
e.      Verb yang berakhiran dengan “L” dan sebelum “L” satu huruf vocal, maka “L” di-double-kan. Ex. Travel (traveling), quarrel (quarrelling), signal (signalling), etc.

C.    Past Tense
Kalimat verbal

S + V-2 + complement

Fungsi-fungsi Paste Tense yaitu:
1        Menjelaskan kejadian yang terjadi di masa lampau
Ex. James sat in the first row at show last night
2        Menjelaskan kejadian yang sudah menjadi kebiasaan di masa lampau (habitual action)
Ex. Whe I was a child, I always came to the lake
3        Menjelaskan kejadian yang jelas terjadi atau dilakukan di waktu lampau tetapi tidak disebutkan keterangannya.
Ex. Catherine bought the car in Australia

       Penambahan –d/-ed pada verb
1        Kata kerja beraturan akhirnya ditambah –ed.
      Ex. Wrk (worked), walk (walked), ask (asked0, etc.
2        Verb dengan akhiran “Y” dan sebelumnya adalah huruf consonant, maka “Y” diganti dengan “I”, kemudian ditambah –ed.
      Ex. Carry (carried), hurry (hurried), cry (cried), fly (flied)
3        Verb dengan akhiran “Y” dan sebelumnya adalah huruf vocal, maka langsung menambah akhiran –ed di akhirnya.
      Ex. Obey (obeyed), play (played), etc.
4        Verb satu suku kata dan berakhiran dengan huruf konsonan, maka konsonan di-double-kan. Ex. Stop (stopped), spel (spelled), log (logged)

D.    Simple Future
Kalimat verbal

S + will + V-1 + complement

Fungsi tenses ini adalah:
1        Menjelaskan peristiwa yang terjadi di waktu mendatang
Ex. I will fly into your arms
      Eric will try to understand his wife
      She’ll be you soulmate
2        Menyatakan permintaan
Ex. Will you put your head on my shoulder?
       Will you give me a second chance?

0 comments:

Post a Comment