Tuesday, August 18, 2020

PERTEMUAN KE 4 NEWS ITEM

 NEWS ITEM


Dalam kehidupan sehari-hari ada teks yang selalu lekat dengan kita yaitu teks news item. Koran atau surat kabar adalah slah satu contoh teks news item yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Apakah teks news item itu?. Mari kita bahas bersama-sama.

News item is a text which informs readers about events of the day. The events are considered newsworthy or important. News item is a type of the text that has the main function or communicative purpose to inform readers of listeners or viewer about events of the day that are considered newsworthy or important.

Teks news item adalah teks yang memberi informasi kepada pembaca tentang kejadian setiap hari. Kejadian ini dianggap layak diberitakan atau penting untuk diberitakan. Teks news item mempunyai fungsi utama untuk mengkomunikasikan kepada pembaca tentang kejadian setiap hari yang dianggap layak diberitakan atau penting.

A. Generic Structure

Sama halnya dengan jenis teks bahasa inggris lainnya seperti narrative text, recount text, atau procedure text, news item text juga memiliki susunan atau struktur umun atau disebut generic structure. Generic Structure dari news item text adalah sebagai berikut:

  • Main Event/Newsworthy Event: adalah berita utama, bagian yang menceritakan ringkasan dari suatu kejadian atau peristiwa penting yang terjadi.
  • Background Event/Elaboration: menceritakan secara rinci latar belakang kejadian atau peristiwa yang terjadi, siapa yang terlibat, dimana dan bagaimana peristiwa terjadi.
  • Source: bagian terakhir dari struktur news item text, merupakan sumber berita bisa berupa pernyataan narasumber, komentar saksi, pendapat para ahli, atau pernyataan dari pihak terkait dari suatu peristiwa.

B. Ciri Kebahasaan News Item Text

Di setiap teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini:

  • Informasi singkat tertuang dalam headline
  • Memfokuskan pada kejadian
  • Menggunakan action verb
  • Menggunakan material process

C. Examples and structures of the text Town ‘Contaminated

Newsworthy events

Moscow – A Russian journalist has uncovered evidence of another Soviet nuclear catastrophe, which killed 10 sailors and contaminated an entire town.

Background Events

Yelena Vazrshavskya is the first journalist to speak to people who witnessed the explosion of a nuclear submarine at the naval base of Shkotovo – 22 near Vladivostock.

 The accident, which occurred 13 months before the Chernobyl disaster, spread radioactive fall-out over the base and nearby town, but was covered up by officials of the Soviet Union. Residents were told the explosion in the reactor of the Victor-class submarine during a refit had been a ‘thermal’ and not a nuclear explosion. And those involved in the clean up operation to remove more than 600 tons of contaminated material were sworn to secrecy. 

Source

A board of investigators was later to describe it as the worst accident in the history of the Soviet Navy.


Nah...Sekarang dapat kita lihat dari contoh teks item diatas, terdiri dari 3 bagian : yang pertama merupakan paragraf yang menjadi berita utamanya atau "main event", lalu dibagian paragraf yang kedua merupakan "background event" yang menceritakan rincian berita dan yang paragraf terakhir merupakan "source", dari mana sumber berita yang berupa pernyataan dari pihak yang berwajib dalam kejadian tersebut.

Jika masih kurang jelas, mari kita tonton video berikut:

 

Tugas !

Cari 3 News item text dalam Bahasa Inggris dan pertemuan minggu depan akan kita diskusikan.

Absensi


0 comments:

Post a Comment